Sebanyak 220 Mahasiswa Profesi Fisioterapi UNISA Yogya, Jum’at (13/12), melaksanakan Janji Praktik Profesi Mahasiswa Fisioterapi Tahun 2019/2020, di Hall 4 Prof. Siti Baroroh Baried, Komplek Kampus Terpadu UNISA Yogya. Ucap janji yang dipimpin oleh Mohammad Ali Imron, M.Fis., selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNISA Yogya berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Mahasiswa yang telah melaksanakan ucap janji akan diterjunkan ke seluruh lahan mitra UNISA Yogya pada bulan Desember ini. Adapun durasi studi Profesi Fisioterapi adalah selama satu tahun, dan akan dirotasi ke mitra-mitra pada setiap stasenya. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) tingkat cabang, beberapa perwakilan Clincal Educator (CE), dan juga beberapa Kepala Prodi UNISA Yogya.

Dalam sambutan pembukaan, Mohammad Ali Imron, M.Fis., menuturkan,”Kita sangat menghormati pasien, dan sumpah ini diharap bisa masuk kedalam hati.”

Selain itu Imron, juga memberi pernyataan, bagi mahasiswa yang berhalang hadir dalam agenda janji praktik profesi belum diizinkan untuk turun ke lahan dan harus melaksanaan janji praktik profesi terlebih dahulu, dikarenakan ucap janji praktik profesi bersifat wajib.

Kesempatan ini para mahasiswa profesi juga mendapatkan materi Profesional Grooming oleh Asep Ibrahim, S.Ft. Penyampaian materi tersebut diperlukan karena kedepannya para mahasiswa akan berhadapan langsung dengan pasien di lahan praktik. “Grooming adalah penampilan diri dari rambut hingga ujung kaki dan juga tutur kata,” kata Asep Ibrahim, S.Ft., yang juga lulusan Fisioterapi.

Dalam fungsinya, grooming menjadi pencerminan suatu lembaga, pencerminan kepribadian, dan menampilkan para pegawai agar selaras dengan nilai-nilai keindahan dan tata krama yang berlaku